Published On: Mon, Feb 20th, 2012

Pungutan Sekolah Itu Tidak Masalah!

image_pdfimage_print

pendidikankukar.com 07:03 Wita
Banyaknya protes dari masyarakat terkait pungutan yang dilakukan pihak sekolah, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum(Kabid.Dikmenum) Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara(Disdik Kab. Kukar) H. Rahmadi mengungkapkan pihak sekolah bisa saja melakukan pungutan, asalkan mendapatkan persetujuan dari Komite Sekolah.

Dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Di jelaskan pada Ketentuan Umum Pasal 2 ayat satu disebutkan jika pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat sementara itu penjelasannya ada pada pasal-pasal selanjutnya.

”Dari sana, pihak sekolah bisa memperoleh sumber pendapatan. Seandainya sekolah tersebut kekurangan dana, maka bisa melakukan pungutan sepanjang mendapatkan persetujuan dari Komite Sekolah,” ujar Rahmadi.

Sementara itu, Drs. H. Musyahrim, M.M Kadisdik Provinsi Kalimantan Timur melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Pendidikan Tinggi Provinsi Kalimantan Timur Drs. Basmen Nainggolan, M.M saat membuka langsung kegiatan Uji Kompetensi Eksternal SMK Bhakti Loa Janan. Sabtu, (18/2) mengungkapkan bahwasannya pendidikan itu memang mahal, menurutnya sampai saat ini dari Kementerian Pendidikan Nasional hingga daerah. Hingga saat ini belum mampu maksimal memenuhi kebutuhan pendidikan walaupun ada BOS, BOSDA, bantuan uji kompetensi dan lain-lainnya.

”Disini peran Komite Pendidikan ataupun Komite Sekolah sangatlah penting, bagaimana menjembatani antara sekolah dan orang tua murid terkait masalah pungutan tersebut karena diawal tahun setiap sekolah membuat anggaran pendapatan dan anggaran pengeluaran. Dari kesenjangan tersebut, itulah yang dibicarakan bersama antara Sekolah, Komite dan Orang Tua Murid sehingga menemukan keseimbangan,” ungkap Basmen.

Basmen juga mengharapkan kepada sekolah bisa mempertanggung jawabkan setiap sennya sehingga masyarakat menerima adanya pungutan-pungutan tersebut. (arm)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pengunjung

  • 3554Pengunjung Bulan Ini:
  • 179Pengunjung Kemarin:
  • 203Pengunjung Hari ini:
  • 2Online:
  • 96693Total Pengunjung: