Published On: Wed, Jan 25th, 2012

Sarana Dan Prasarana Masih Menjadi Kendala

pendidikankukar.com 09:49 Wita
Setelah melalui proses penilaian yang dilakukan Kementerian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2009 dan 2010, SMA Negeri 1 Tenggarong dinyatakan sangat layak dan memenuhi Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Dari delapan indikator syarat RSBI, hanya satu yang tidak memenuhi standar yakni di bidang sarana dan prasarana.

Akhmadi, S.Pd

”Ada dua verifikasi yang telah dilakukan Kemendikbud yakni standar RSBI dan standar Sekolah Model Nasional dengan 8 indikator penilaian, hanya di bidang sarana dan prasarana yang belum memenuhi. Selain itu telah dinyatakan sangat layak RSBI,” kata Akhmadi, Kepala SMA 1 Tenggarong, Selasa (24/1) kemarin.

Menurut dia, sesuai Peraturan Pemerintah(PP) No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, SMA 1 Tenggarong terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan telah dinilai menuju RSBI meliputi 8 standar. Yakni, standar isi, kelulusan, penilaian, proses, pengelolaan, sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan, serta standar pembiayaan.

”Secara nasional SMA 1 Tenggarong sudah dinyatakan layak berstatus RSBI. Hanya saja sarana dan prasarana belum memadai, mulai dari ruang belajar, UKS, ruang guru, laboratorium, gedung sekolah, sarana olahraga, WC, sampai luasan parkir,” katanya.

Dijelaskan Akhmadi, pihaknya telah menyampaikan hal tersebut kepada Bupati dan Ketua DPRD Kukar terkait penilaian Kemendikbud, termasuk sarana dan prasarana yang dianggap belum memenuhi standar. Dalam hal ini Bupati meminta untuk gedung sekolah segera dilakukan pembangunan. ”Sudah kami sampaikan dan Bupati menginginkan gedung SMA 1 harus direlokasi sehingga memenuhi standar internasional,” katanya.

Diketahui dari rekomendasi Bupati terkait relokasi gedung SMA 1 Tenggarong akan dibangun di depan Kampus Unikarta dengan luas lahan kurang lebih 2 hektare (ha). Juga telah ditetapkan tim panitia SK No. 800/4187./DP-I/X/2010 tanggal 25 Oktober 2011 tentang penetapan tim pembangunan gedung SMA 1 Tenggarong.

”Inilah yang kita harapkan secepatnya dapat direlokasi, sebab sudah kurang lebih tiga tahun dari 2009 ditunggu. Mudah-mudahan dapat terwujud tahun ini, mengingat sangat dibutuhkan terutama dalam meningkatkan status SMA 1 menuju RSBI,” imbuhnya. (hmp4)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pengunjung

  • 60Pengunjung Bulan Ini:
  • 116Pengunjung Kemarin:
  • 60Pengunjung Hari ini:
  • 0Online:
  • 93199Total Pengunjung: